Puluhan Warga Ikuti Pengobatan Gratis RSIY PDHI Yogyakarta

, , Leave a comment

Program bakti sosial atau RSIY PDHI Yogyakarta direalisasikan dengan menyelenggarakan pengobatan gratis pada rakyat Dukuh Semoya – Tegaltirto, Berbah, Sleman, Hari rabu (7/6). Sebesar 60 orang warga setempat yang datang untuk memeriksakan kesehatannya.

Acara ini terselenggara karena kerjasama RSIY PDHI dengan Stikes Surya Global dan kelompok Pemuda dari Dukuh Semoya. Bertempat di Aula Duku Semoya, pengobatan itu berjalan dengan lancar.

Kepala Unit Marketing RSIY PDHI, Agus Sutanto, mengatakan pihaknya menyampaikan 4 tenaga medis profesional dan juga 2 orang tenaga dari Unit Marketing. Tenaga medis itu terdiri dari dokter, perawat. dan juga apoteker.

Selain tenaga medis RSIY PDHI, paparnya, pelaksanaan acara bakti sosial pun juga di dukung oleh para mahasiswa yang telah tergabung dalam kelompok KKN Mahasiswa Program Profesi Ners Stikes Surya Global.

Dimulai semenjak pukul 08.00 WIB, acara diisi dengan pelayanan cek kesehatan dan pemberian obat sesuai dengan diagnosis masing-masing. Warga yang akan datang pun juga bisa berkonsultasi seputar kesehatan kepada petugas kesehatan yang bertugas.

Selain memeriksa kesehatan, warga pun juga banyak mengeluhkan berbagai penyakit. “Rata-rata keluhan kesehatan warga yaitu pegal-pegal dan juga nyeri dibagian punggung, bahu, lengan, dan juga kaki. Ada pun juga yang mengeluhkan masalah, diabetes, hipertensi, dan juga sakit kepala,” kata Agus, dalam siaran pers.

Di samping 60 warga itu, ada 1 pasien yang tak dapat datang ke lokasi sebab pasca operasi hingga team RSIY PDHI berkunjung ke rumah warga itu.

“Warga ini kebetulan usianya telah sepuh, sekitar 70 tahunan dan juga terluka akibat terjatuh pasca operasi. Jadi saya datang untuk membersihkan luka dan juga melaksanakan perawatan secukupnya,” jelasnya.

Harapannya, lanjut Agus, dengan acara ini rakyat Dukuh Semoya – Tegaltirto terjaga kesehatannya, baik fisik, ataupun psikisnya.

“Sesuai dengan tema yang di usung dalam program pengobatan gratis ini, yakni Sehat Imannya, Sehat Jiwanya, dan juga Sehat Raganya untuk Semoya yang lebih baik,” ujar dia.

 

Leave a Reply