Gerakan Ini Bantu Atasi Kaku Otot Ketika Mudik

, , Leave a comment

Perjalanan mudik yang di lakukan selama berjam-jam sering kali membuat otot badan terasa kaku ataupun umumnya di kenal dengan rasa pegal. Rasa pegal seperti ini umumnya terjadi saat badan berada dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama.

“Biasanya pegal terasa di otot badan lebih-lebih pada punggung bagian bawah,” terang dokter spesialis kesehatan dr. Rachmad Wishnu Hidayat, dalam acara buka puasa bersama Greenfields, Hari rabu (14/6). Untuk itu, terang Rachmad, sebisa mungkin pemudik mengusahakan untuk melaksanakan peregangan tiap 2 hingga 3 jam sekali selama 5 hingga 10 menit.

Peregangan menolong melancarkan sirkulasi darah hingga darah terpompa dan juga oksigen dapat hingga ke otak. Peregangan yang di lakukan cukup sederhana.

Untuk pemudik yang memanfaatkan kendaraan pribadi seperti mobil, peregangan dapat di lakukan dalam kondisi duduk. Caranya, Rachmad menjelaskan, saat posisi badan tegap tak membungkuk lakukan stretch di bagian punggung dengan memutar badan ke arah kanan 90 derajat dan juga tahan selama 20 hingga 30 detik. Lalu, lakukan pada sisi yang lain dan juga ulangi gerakan stretching ini sebesar 2 kali.

Untuk pemudik motor, cari lah lokasi yang aman dan juga nyaman dan juga lakukan peregangan dalam posisi berdiri. Untuk pemudik yang memanfaatkan angkutan umum seperti bus, kereta api ataupun kapal laut, dapat memanfaatkan koridor berjalan selain dengan peregangan pada unggung. Lakukan tiap 2 jam sekali ataupun saat badan telah merasakan pegal.

 

Leave a Reply