Bolehkah Orangtua Menangis di Depan Anak?

, , Leave a comment

Menangis adalah salah 1 bentuk emosi saat terlalu murung ataupun senang. Terkadang orang tua merasa sungkan menangis depan anak, namun para ahli menyarankan tak perlu malu. Dengan melihat orang tua menangis, anak belajar mengenai ekspresi emosi.

“Bagaimana dengan tertawa? Apakah orang tua perlu bersembunyi ketika tertawa? Jawaban sama yang pun juga terjadi saat menangis,” terang psikolog yang mendalami dunia parenting Nancy S. Buck, mengutip Parents, Hari rabu (7/6/2017).

Tetapi, bukan berarti orang tua kemudian cengeng serta mudah saja menumpahkan tangisan. Anak dapat salah sangka saat melihat orang tua menangis. Oleh sebab itu, berikan alasan apabila anak melihat Kamu menangis.

“Terpenting orang tua menjelaskan ke anak alasan orang tua itu menangis. Katakan apa yang terjadi, contohnya nenek sakit keras, pada anak yang telah paham serta bilang Kamu baik-baik saja lalu peluk dia,” saran terapis, Jessica Campbell.

Kesalahan yang sering di lakukan orang tua, yaitu berharap anak dapat membuatnya tenang. Hal itu tak adil serta bukan tugas anak seutuhnya untuk menenangkan orang tua menangis, seperti dikatakan Buck.

 

Leave a Reply